Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Secara Mudah

0 0
Read Time:2 Minute, 58 Second

Halo pembaca setia Jiwaragasegat.com. Bagaimana kondisi kesehatan kalian hari ini? Semoga dalam kondisi terbaik setiap harinya yha. Seperti biasa Jiwaragasehat mau membagikan informasi lengkap seputar kesehatan yang pastinya bermanfaat banget buat kalian. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar cara untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi secara mudah dan efektif.

Mulut merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang dimiliki oleh manusia. Maka dari itu menjaga kesehatan mulut dan gigi menjadi sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Cara menjaga kesehatan mulut sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Kalian bisa dengan menyikat gigi secara teratur. Namun tidak cukup apabila hanya menyikat gigi saja, alangkah baiknya memberikan perawatan ekstra agar mulut terhindar dari yang namanya bau mulut dan penyakit lainnya yang bisa menjangkit.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi

menjaga kesehatan mulut dan gigi

Berikut adalah sejumlah cara terbaik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi secara teratur dan baik.

1. Menggunakan Produk Sikat Gigi Yang Tepat

Langkah awal dan sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan cara memilih produk sikat gigi yang baik dan benar. Caranya adalah pilihlah sikat gigi dengan bulu lembut dan nyaman digunakan. Selain itu pastikan ujung bulu sikat gigi memiliki ujung yang berbentuk bulat. Dan dianjurkan kepada kalian agar mengganti sikat gigi yang sudah 3 bulan digunakan.

Setelah memilih produk sikat gigi yang tepat, saatnya untuk menyikat gigi dengan teknik yang tepat. Disarankan untuk menyikat dengan gerakan yang memutar dan tidak terlalu menekan gigi, sikat seluruh bagian gigi hingga lidah secara keseluruhan agar benar-benar bersih dan terhindar dari kuman.

2. Melakukan Flossing

Mungkin bagi sebagian orang cara membersihkan gigi satu ini terdengar asing dan tidak familiar. Namun ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi kalian secara baik. Flossing atau teknik membersihkan gigi menggunakan seutas benang khusus yang bisa kalian beli di supermarket. Saran untuk melakukan flosing gigi adalah sehari sekali. Kegiatan ini akan bisa membersihkan bagian gigi yang tidak terjangkau saat kita menyikat gigi.

Cara menggunakan benang gigi cukup mudah, kalian hanya perlu meregangkan benang Flossing dengan jari kalian. Kemudian bersihkan salah persatu sela gigi secara teratur.

Informasi kesehatan lainnya : concentriclivers.com

3. Kurangi Makanan Manis

Cara mudah yang berikutnya adalah kalian harus bisa mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat pemanis yang tinggi apalagi dari bahan pemanis buatan. Misalnya saja makanan seperti permen dan minuman soda atau minuman berenergi. Apabila mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara terus menerus dan tidak rajin menggosok gigi. Maka gigi kalian akan sangat rentan untuk sakit dan berlubang.

4. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kalian tentu sudah sangat banyak mendengar dampak buruk terkait merokok. Merokok bukan hanya tidak baik bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Dampak lain yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok adalah berubahnya warna gigi karena kandungan dari rokok yang mengandung tar dan nikotin. Dampak cukup parah lainnya adalah gigi kalian akan mudah rapuh dan juga mudah patah serta dapat juga menyebabkan bau mulut. Maka dari itu sebisa mungkin hentikan kebiasaan merokok yha.

5. Gunakan Obat Kumur

Saat ini sudah cukup banyak jenis obat kumur yang tersedia di pasaran, bahkan bisa kalian beli di minimarket terdekat dengan cukup mudah. Obat kumur ini akan sangat efektif membunuh kuman dan bakteri yang masih terdapat di seluruh rongga mulut. Disarankan menggunakan obat kumur minimal 2x sehari saat pagi hari dan malam menjelang tidur.

Sekian informasi seputar cara mudah menjaga kesehatan mulut dan gigi. Setelah mengetahui berbagai cara mudah dan efektif ini, diharapkan kalian akan mulai lebih rajin menjaga kesehatan mulut kalian agar menambah kepercayaan diri dan paling penting tetap memiliki mulut dan gigi yang sehat.

Nantikan informasi menarik dan informatif lainnya seputar kesehatan hanya di Jiwaragasehat.com.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %